Jepang Sambut Baik Rencana Pembicaraan Damai Korut-Korsel

Minggu, 07 Januari 2018 - 16:48 WIB
Jepang Sambut Baik Rencana Pembicaraan Damai Korut-Korsel
Jepang Sambut Baik Rencana Pembicaraan Damai Korut-Korsel
A A A
TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan, dia menyambut baik rencana pembicaraan antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut). Pembicaraan yang akan digelar pada pekan depan itu akan berfokus pada persiapan pengiriman kontingen Korut ke Olimpiade Musim Dingin di Korsel.

Abe menuturkan, meski dia menyambut baik pembicaraan itu, yang menurutnya adalah awal yang baik untuk diadakannya pembicaraan lebih lanjut, dirinya juga memperingatakan bahwa pembicaraan tanpa tindak lanjut tidak akan ada artinya.

"Satu-satunya hal yang akan memberi makna pada pembicaraan adalah komitmen dan tindakan nyata oleh Pyongyang untuk meninggalkan senjata nuklir dan rudal dengan cara yang dapat diverifikasi dan tidak dapat dipulihkan kembali," kata Abe, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (7/1).

Seperti diketahui, Jumat lalu Seoul dan Pyongyang sepakat untuk mengadakan perundingan formal pertama dalam lebih dari dua tahun. Perundingan yang dijadwalkan berlangsung pada hari Selasa akan fokus pada partisipasi Pyongyang di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang mendatang.

Selain Jepang, banyak negara lain yang menyambut baik rencana pembicaraan itu, salah satunya adalah Amerika Serikat (AS). Presiden AS Donald Trump bahkan berahap pembicaraan semacam ini tidak hanya terhenti pada pembahasan partisipasi Pyongyang di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Trump berharap pembicaraan ini dapat menjadi awal bagi dimulainya pembicaraan damai antara Korut dan Korsel, untuk dapat menyelesaikan ketegangan di Semenajung Korea.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4995 seconds (0.1#10.140)